22 March 2016

Peresmian Rumah Adat Mandala Kaloka


Selasa, 22 Maret 2016, desa Kalisalak mengadakan acara peresmian rumah adat Mandala Kaloka. Acara ini manandakan bahwa proses pembangunan rumah adat tersebut telah selesai. Peresmian ini dihadiri oleh Ditjen Kebudayaan Kemendikbud, Dinporabudpar Kabupaten Banyumas, Bupati Banyumas, Camat Kebasen, Kapolsek Kebasen, Koramil, Kepala Desa, dan tamu-tamu undangan lainnya. Kegiatan dimulai sekitar pukul 20.00 WIB, yang dibuka dengan acara pemotongan pita oleh Bupati Banyumas (Ir. H. Achmad Husein)



Setelah pemotongan pita dilakukan, seluruh tamu undangan menempatkan diri di rumah adat, acara sambutan diisi oleh Bpk. Ilham Triyono, S.Pd selaku ketua Pokmas Mandala Kaloka. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Bupati Banyumas (Ir. H. Achmad Husein) yang membahas tentang pentingnya sarana rumah adat sebagai wadah untuk melestarikan kebudayaan dan adat istiadat di desa Kalisalak. Beliau menyatakan bahwa pembangunan rumah adat desa Kalisalak sangat memuaskan karena dilihat dari dana bantuan yang ada dibandingkan dengan hasilnya, penggunaan dananya sangat efektif. Diharapkan dengan adanya sarana ini kegiatan adat dan kebudayaan di desa Kalisalak akan semakin berkembang.
Sambutan selanjutnya oleh Dra. Sri Hartini, M.Si selaku Ditjen Kebudayaan Kemedikbud, beliau menyatakan bahwa adat istiadat di desa Kalisalak sangat penting untuk dijaga dan dilestarikan, karena saat ini adat istiadat yang merupakan ciri khas di masing-masing daerah mulai pudar terutama di daerah perkotaan, padahal dibalik adat istiadat tersebut pastilah terkandung nilai-nilai penting yang perlu dikaji dan dijaga kelestariannya. Beliau juga berharap kedepannya rumah adat ini dapat dipergunakan secara maksimal dengan meningkatkan kegiatan adat dan budaya setiap minggunya.



Dalam acara peresmian ini diramaikan dengan berbagai macam hiburan yang masih berkaitan erat dengan adat dan budaya daerah, antara lain lenggeran dan wayang kulit. Seluruh warga masyarakat desa Kalisalak antusias dengan adanya acara hiburan ini, terbukti di lapangan surengalogo desa kalisalak dipenuhi dengan para pengunjung dan penonton yang terus berdatangan sampai malam hari. Semoga dengan diresmikannya rumah adat Mandala Kaloka ini kegiatan adat dan budaya di desa Kalisalak akan semakin terjaga dan lestari sebagai warisan turun-temurun untuk generasi selanjutnya.

Salam....


0 Komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html