11 January 2016

Curug Song

Curug Song adalah salah satu lokasi wisata di Desa Kalisalak, tepatnya di grumbul Kaliontong. Lokasi dapat ditempuh dengan berjalan kaki atau dengan kendaraan bermotor. Jika ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 2 jam dari Kalisalak, dan jika ditepuh dengan kendaraan bermotor kurang lebih 1 jam. Tersedia tempat parkir kendaraan sebelum mencapai pusat curug, namun dari tempat parkir menuju pusat curug hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki karena akses jalan menuju pusat lokasi belum tersedia jalan yang dapat dilewati kendaraan bermotor.
Terdapat beberapa lokasi yang berpotensi sebagai obyek wisata disana, antara lain Curug Song dan air terjun utamanya (Gambar 1), Kedung Jembangan (Gambar 2), Kedung Kipas (Gambar 3) dan masih ada beberapa lainnya.
Ketinggian air terjun utama dari Curug Song kurang lebih 30 meter dari permukaan tanah, debit air pada saat hujan sangat tinggi, sehingga tidak disarankan menuju kesana ketika hujan, disamping air terjun utama ada lubang batu yang membentuk goa.
Selanjutnya adalah Kedung Jembangan atau dalam bahasa Indonesia, Jembangan adalah tempat untuk menyimpan air. Kedung ini dinamakan kedung Jembangan karena bentuknya menyerupai tempat penyimpanan air, kedalamannya sekitar 3 meter dengan diameter kurang lebih 2,5 meter. Terdapat air terjun kecil di atas Kedung Jembangan.
Ada juga Kedung Kipas, Kedung ini dinamakan Kedung Kipas karena di bawah Kedung terdapat bebatuan yang berbentuk seperti Kipas (Gambar 4). Kedalaman Kedung Kipas sendiri sekitar 1,5 meter. Sebenarnya masih ada lagi beberapa lokasi lainnya yang berpotensi sebagai objek wisata di curug song, silahkan bagi yang berminat untuk berwana wisata namun bingung menentukan daerahnya dimana, bisa mengunjungi Curug Song sebagai salah satu referensinya. 

Salam....


 



 



4 comments:

  1. Muantap........informatif....lanjutkan informasi yang lain

    ReplyDelete
  2. Mungkin tambah informasi lagi Penembahan Karangbanar

    ReplyDelete
  3. Nyong wong kalisalak tepate wong prapatan jimat... Informasine mantep lah pak.. Turut mendukung. Terus kembangkan wisata alam kita berikut informasine ya pak.. Hehe😁

    ReplyDelete

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html