1 November 2015

Sedekah Bumi Grumbul Celiling Desa Kalisalak

Desa Kalisalak Memiliki 13 RW, dan hampir setiap RW selalu mengadakan tradisi sedekah bumi, termasuk juga grumbul Celiling RW 5 ini. Sedekah Bumi yang dilakukan pada hari sabtu malam tgl 31 Oktober 2015 sampai hari minggu sore tgl 1 November 2015 berlangsung dengan cukup meriah. Acara malam minggu ini dibuka dengan tahlilan bersama warga, setelah itu dilanjutkan dengan hiburan kentongan yang diselingi dengan nonton film kegiatan-kegiatan serta pembangunan desa Kalisalak. Acara ini berlangsung sampai dengan pukul 00.00 WIB.
Kemudian acara minggu pagi diawali dengan do'a bersama, setelah itu masuk ke acara inti yaitu makan bersama, seperti acara sedekah bumi lainya. Setelah acara inti selesai dilanjutkan dengan hiburan kesenian Kuda Lumping Lestari Muda Budaya (LMB) Pimpinan Bpk Sutarno.
Acara ini berlangusung dengan sangat meriah, warga terhibur dengna kesenian tersebut. Kuda Lumping identik dengan adegan-adegan yang menegangkan, namun Kesenian Kuda Lumping Lestari Muda Budaya agak sedikit berbeda, ada unsur lawak, jadi masyarakat terasa terhibur. ini bukan sembarangan Lawak biasa lho, konon orang yang melawak ini dirasuki oleh Roh-roh yang punya kepribadian lucu. jadi mereka yang melawak tersebut tidak sadar kalau mereka telah melaukan hal-hal konyol yang mengocak perut penonton. Tapi ada juga yang kerasukan Roh-roh yang menyeramkan dan menegangkan, ini yang membuat jantung penonton dag-dag-dug. Seseorang yang kerasukan ini akan memakan makanan yang tak seharusnya dimakan oleh manusia normal, salah satunya seperti makan kembang, makan beling ( Pecahan Kaca ), minum Minyak wangi dll. Acara Kesenian Kuda Lumping ini identik dengan unsur-unsur spiritual. Sebelum Acara Kuda Lumping ini berlansung, para Pawang melaukan ritual terlebih dahulu, seperti membakar kemenyan dll.


0 Komentar:

Post a Comment

http://www.resepkuekeringku.com/2014/11/resep-donat-empuk-ala-dunkin-donut.html http://www.resepkuekeringku.com/2015/03/resep-kue-cubit-coklat-enak-dan-sederhana.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/10/resep-donat-kentang-empuk-lembut-dan-enak.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/07/resep-es-krim-goreng-coklat-kriuk-mudah-dan-sederhana-dengan-saus-strawberry.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/06/resep-kue-es-krim-goreng-enak-dan-mudah.html http://www.resepkuekeringku.com/2014/09/resep-bolu-karamel-panggang-sarang-semut-lembut.html